Minggu, 21 Februari 2016

ayah

Catatan Tentang Ayah

Ayah…
Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan dari  pada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak bergantung pada siapapun dan tapi selalu membutuhkan kehadirannya. Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kamu masih kecil tapi ia tidak ingin kamu membiarkannya menang ketika kamu sudah besar.
Ayah tidak ada dialbum foto keluarga karena ia yang selalu memotret. Ayah selalu tepat janji ia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman meskipun ajakan mu untuk pergi sebenarnya lebih menyenangkan. Ayah selalu sedikit sedih kertika melihat anak-anaknya pergi bermain dengan teman-temannya karena ia sadar itu adalah akhir masa kecil mereka.
Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala hal tapi ia membantu mu mencarinya. Ayah mungkin tampak galak dimata mu tapi dimata teman-temanmu ia tampak baik dan penyayang. Ayah paling tau bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk membuat mu senang tapi tidak takut.
Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu dibahunya. Ayah tidak akan memanjakanmu ketika kamu sakit tapi ia tidak akan tidur semalaman siapa tahu kamu membutuhkannya. Ayah akan melupakan apa yang ia inginkan, supaya dapat memberikan apa yang kamu perlukan. Ayah membelikan lolipop yang kamu inginkan dan ia akan menghabiskannya kalau kamu tidak suka.
Ayah akan menghentikan apa saja yang sedang dikerjakannya hanya untuk mu walau kamu hanya ingin berbual. Ayah selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar iuran mu setiap semerster meskipun kamu tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan didahinya. Ayah akan berkata “tanyakan pada ibu mu” ketika ia ingin berkata “tidak”.

Ayah tidak pernah marah tapi mukanya akan sangat merah padam ketika anaknya menginap dirumah temannya tanpa izin. Perasaan terbaik bagi seorang ayah adalah ketika ia melihatmu melakukan sesuatu seperti caranya. Ayah akan lebih bangga melihat prestasimu dari pada prestasinya. Ayah hanya akan bersalam dengan mu ketika pertama kali kamu pergi merantau meninggalkan rumah karena kalau ia memelukmu mungkin ia tidak akan mungkin bisa melepaskannya.
Ayah tidak suka meneteskan air mata, ketika kamu lahir dan ia mendengar kamu menangis untuk pertama kalinya ia sangat gembira sehingga hampir keluar air dari matanya. Ketika kamu masih kecil ia akan memelukmu untuk mengusir rasa takutmu ketika kamu mimpi akan dibunuh hantu. Tetapi ayah akan tidak dapat tidur sepanjang malam ketika anak kesayangannya diperantauan tidak pernah memberi kabar
Untuk masa depan anak lelakinya ayah berpesan “jadilah lebih kuat dari pada ku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik dari ibumu, berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku dari pada apa yang telah ku berikan kepada mu”
Dan untuk masa depan anak gadisnya ayah berpesan “ jangan kecewa meskipun kamu seorang wanita, selalulah menjadi bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak. Lelaki yang lebih dapat melindunganmu melebihi perlindungan ayah, tetapi jangan pernah gantikan posisis ayah dihatimu”
Ayah dapat membuat mu percaya diri karena ia percaya padamu. Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik tetapi ia hanya mencoba melakukan yang terbaik. Dan yang terpenting adalah ayah tidak pernah menghalangi mu untuk mencintai Allah bahkan ia akan membentangkan seribu jalan untuk menggapai cintaNya karena ia pun mencintaimu karena cintaNya.




__Uyha__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar